Kamis, 05 Juli 2012

Keutamaan mayit yang di puji dengan baik oleh manusia setelah wafatnya


Dari Anas , ia berkata , “Ada jenazah yang lewat, dan ia di puji dengan baik, maka Nabi  besabda, ‘Telah wajib, telah wajib, telah wajib.’ Dan ada lagi jenazah yang lewat, tapi ia di cela dengan keburukan. Maka Nabi    bersabda,’Telah wajib, telah wajib, telah wajib.’ Umar berkata, ‘Aku korbankan bapak dan ibuku demi dirimu. Ada jenazah yang lewat, dan ia di puji dengan baik, maka engkau berkata ‘Telah wajib, telah wajib, telah wajib’ . sementara  jenazah yang lain yang di cela buruk engkau pun mengatakan ‘Telah wajib, telah wajib, telah wajib’. Rasulullah  bersabda, ‘Orang yang kalin puji dengan baik itu telah wajib surga untuknya dan  sementara  jenazah yang lain yang di cela buruk telah wajib Neraka untuknya. Kalian adalah saksi saksi Allah di bumi.”(Muttafaq Alaih)
            Darinya bahwa Nabi  bersabda ‘Tidak ada seorang muslim mati lalu empat rumah dari tetangga-tetangganya yang terdekat member kesaksian bahwa mereka tidak mengetahui, kecuali kebaikan padanya, kecuali Allah berfirman, ‘Aku telah menerima ilmu kalian padanya dan memaafkan apa yang kalian tidak ketahui.’(Diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam shahihnya.)(Shahih)
            Dari Umar  ,ia berkata bahwa Nabi  bersabda, muslim mana yang di saksikan baik oleh baik oleh empat orang, niscaya Allh memasukkanya ke surga. Kami betanya , :”Dan Tiga?” Nabi  menjawab,”Dan tiga.” Kami berkata “Dua?” Nabi  menjawab “Dan dua” lalu kami tidak bertanya lagi tentang satu. (Bukhari)

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong komentar tentang postingan ini.....
Jika ada kesalahan mohon di ralat....
Tolong komentar yang berguna !!!!!!